Thursday 20 October 2016

Introducing Bahasa C

hallo sahabat blogger. maaf jarang on, bukan jarang lagi malah,, emang 3 tahun gak on.. wkwk.. kini saya sudah masuk di salah satu universitas swasta di jogja (kota kelahiran saya).. namanya STMIK AMIKOM, pas masuk, banyaaak banget temen dan pengalaman2 keren yang saya dapat. serius ini kampus IT ter kereen yang pernah saya masuki. Bukan karena tidak ketrima SNM/SBM PTN,, tapi memang karena beberapa basis universitas, dan karena fasilitas yang bener2 amazing saya lebih memilih di AMIKOM. Kebayang dah 17 Lab+ 6 gedung+30 spot wifi... tdak se besar UGM/UNY sih, tapi untuk kampus dengan 3 jurusan, itu sudah bisa dikatakan amazing, lagipula disitu tempat kelahiran BATTLE OF SURABAYA.

oke maaf terlalu nulis hal2 yang gak masuk di tema. Mari kita mulai, Memperkenalkan bahasa C. bahasa C adalah yang pertama kali saya pelajari di matkul Algoritma dan Pemrograman. Jadi menurut saya ini cukup menarik untuk dishare.

intinya Algoritma adalah penyusunan langkah langkah penyelesaian masalah dalam bentuk kalimat dengan jumlah kata terbatas tetapi tersusun secara logis dan matematis.

dan dalam beberapa argumentasi oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa "Algoritma adalah suatu prosedur yang jelas untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan langkah2 tertentu dan terbatas jumlahnya.

dari beberapa definisi diatas, kita dapat mengenal bahasa C lebih jauh lagi. yang terpenting adalah algoritma membutuhkan efisiensi & bahasa yang benar. sebagai contoh bahasa C:


1   #include<stdio.h>
2   int main(){
3         printf("Muhammad Syaref Mu'amar Kadafi");
4   }

dalam hal ini saya menulis sourcecode di atas di Notepad++. maksut dari #include<stdio.h> adalah code bahasa program yang kita gunakan, lalu untuk "int main" sebenarnya dalam beberapa hal kita tidak perlu untuk menggunakan int, cukup "main" saja. int di depan main hanya untuk mendeklarasikan bahwa kita nanti akan menggunakan tipe data int (integer).. dan maksut dari "printf("Nama saya");" adalah saya akan menunjukkan nama saya saat program berjalan,, anggap saja seperti output nama saya. dan setelah argumen tersebut kita harus menambahkan simbol " ; " untuk menunjukkan bahwa statement kita sudah selesai..

Menarik?
Next saya akan mempublish lagi apa itu bahasa C yang lebih dapat dimengerti pembaca.

1 comments:

Write comments
gimanasih
AUTHOR
19 February 2017 at 00:42 delete

I'm your classmate, guess who? :)

Reply
avatar